Telepon Dibajak, USD12.000 Amblas

MARYLAND – Kejahatan virtual terus terjadi setiap hari. Korbannya pun beragam. Bukan saja personal, namun juga institusi penting negara.

Kali ini US Federal Emergency Management Agency (FEMA) yang terkena imbas aksi hacker. Kerusakan jaringan telepon yang ternyata telah berlangsung selama 5 tahun terakhir ini, “membebaskan” hacker melakukan 400 panggilan telepon jarak jauh secara leluasa tanpa terlacak. Akibat dari aksi ini, USD12.000 melayang sia-sia.

Diduga keberhasilan sang hacker lantaran dia dapat mengelabui sistem voice mail yang dilakukan dari kantor agen tersebut di Maryland.

“Negara-negara Asia Tengah dan Asia seperti India, Yaman, Afganistan, dan Arab Saudi menjadi negara mayoritas dari keseluruhan panggilan telepon yang dibuat oleh sang hacker,” papar juru bicara FEMA kepada Associated Press, seperti dikutip dari vnunet.com, Minggu (24/8/2008).

Untungnya setelah sekian lama kejahatan itu dapat terdeteksi oleh Sprint, sebuah jaringan perusahaan telekomunikasi nirkabel ketiga terbesar di Amerika Serikat. Sprint kemudian mencekal panggilan telepon keluar dari sebuah nomor yang diduga milik hacker tersebut.

Setelah adanya kejadian ini, barulah terungkap kekurangan yang sudah lama menjangkiti sistem telepon agen tersebut. Padahal sebelumnya pernah dipublikasikan di buletin keluaran Departemen Keamanan Homeland pada 2003.

Kini jaringan yang rusak itu telah dilaporkan telah diperbaiki untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Namun bukan tidak mungkin jaringan itu akan rusak kembali apabila ada pengaplikasian sistem baru. Kini FEMA pun sudah bisa bernapas lega. (jri)

Sumber : OkeZone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s