PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

1. Dalam sejarah perkembangan, perkembangan psikologi diawali oleh para ahli filsafat dari zaman Yunani kuno. Dengan kata lain psikologi pada waktu benar-benar masih merupakan bagian dari filsafat, sehingga ada dua pandangan yang dibuat oleh para sarjana Yunani kuno. Dua pandangan tersebut adalah:

- Monoisme adalah jiwa adalah satu, menganggap jiwa adalah satu.

- Dualisme adalah ilmu tentang tingkah laku manusia.

  1. Sebelum psikologi sebagai ilmu pengetahuan pada tahun 1879, psikologi dipelajari dalam cabang filsafat. Filsafat telah mempelajari gejala-gejala kejiwaan sejak 500 atau 600 tahun sebelum masehi yaitu melalui filsuf-filsuf Yunani kuno, yaitu Socrates (469-399 SM “ Dualisme”), Plato (427-347) dan Aristoteles (384-322).

- Pengertian psikologi menurut Plato dan Aristoteles : Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

3. Pengertian psikologi menurut :

a. Bahasa : Berasal dari bahasa Yunani yaitu

- Psyche : Jiwa

- Logos : Ilmu

Jadi menurut bahasa psikologi adalah ilmu jiwa.

b. Istilah : Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari atau mengkaji tingkah laku individu atau manusia dalam interaksi dengan lingkungannya.

4. Dalam ruang lingkupnya, psikologi memiliki cabang-cabang atau bagian-bagian psikologi, diantarnya :

a. Psikologi perkembangan adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku individu/ manusia yang berada dalam proses perkembangan sejak lahir/sejak kehidupan dimulai (koneksi) sampai akhir kehidupannya (mati).

b. Psikologi Pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempeljari tingkahlaku individu dalam situasi pendidikan yang mengacu padapendidikan, yaitu mempelajarai bagaimana siswa belajar, ntuk menentukan pendidik bagaimana cara menyampaikan pelajaran pada siswa yang mempunyai jiwa berbeda-beda.

c. Psikologi Sosila adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkahlaku individu/manusia terhadap masayarakat dalam interaksi pada lingkungannya.

d. Psikologi Kepribadian adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkahlaku individu secara khusus dan dari asfek kepribadiannya dengan segala kekhasannya atau keunikannya.

e. Psikologi Agama adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkahlaku individu yang menekankan pada moral agama

f. Psikologi Belajar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pembelajaran.

5. Beberapa pendekatan yang mungkin diterapkan terhadap psikologi yang akan memberikan suatu pandangan dalam berbagai konsep penting dalam psikologi modern di anrtaranya :

a. Pendekatan Neurobiologi yaitu pendekatan dengan mengkaitkan tingkahlaku individu dengan kejadian-kejadian di dalam otak dan sistem syaraf. Perilaku seseorang sangat tergantung pada kondisi otak dan sistem syarafnya, bila otak dan syaraf terganggu maka perilakunya juga akan terganggu.

b. Pendekatan perilaku yaitu pendekatan yang dilakukan melalui pendekatan kebiasaan atau tingkah laku manusia.

c. Pendekatan Kognitif yaitu pendekatan tingkahlaku dengan proses internal (didalam) menganggap bahwa tingkahlaku merupakan proses Input Output yaitu penerimaan dan pengolahan informasi kemudian menghasilkan keluaran.

d. Pendekatan Psikonalitik yaitu pendekatan lebih mengutamakan hal-hal yang berada dibawah kesadaran individu/ manusia, dikontrol oleh bagian yang tidak sadar/semua tingkahlaku digerakan oleh kekuatan dibawah sadar yang disebut Libido (ID, ego, super ego).

e. Pendekatan fenomenologis yaitu pendekatan yang dilakaukan melalui pengalaman.

6. Psikologi merupakan ilmu yang telah berdiri sendir, sebagai suatu ilmu pengeteahuan psikologi memiliki objek ilmu yaitu :

a. Objek material : adalah objek yang dipandang secara keseluruhan objeknya ialah manusia

b. Objek Formal : adalah objek yang dipandang adalah hakikat jiwa. (pada zaman Yunani)

- Masa Descantes objeknya adalah gejala-gejala kesadaran

- Abad ke-20 Amerika objeknya adalah tingkah laku manusia

yang tampak/Lahiriah

7. Tingkahlaku individu dapat diklasifikasikan kedalam 4 jenis perilaku, yaitu :

a. Kognitif, adalah perilaku dalam bentuk bagaimana individu mengenal alam sekitarnya berdasarkan dari pengetahuan yang dimilikinya, misalnya pengamatan, berpikir, mengingat, menciptakan.

b. Afektif, adalah perilaku berdasarkan sikap dalam bentuk perasaan atau emosi, misalnya senang, nikmat, gembira, dll.

c. Konatif, adalah perilaku berupa dorongan yang ada dari dalam jiwa individu /manusia, misalnya kemauan, motivasi, kehendak, nafsu, dll.

d. Motorik, adalah perilaku dalam bentuk gerakan/perbuatan. Misalnya berjalan, berlari, dll.

8. Individu adalah manusia dengan segala kekhasannya atau keunikannya.

9. Hubungan psikologi dengan ilmu-ilmu adalah :

Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang telah banyak digunakan dalam bidang kehidupan, di antaranya :

a. Antropologi, yaitu ilmu yang mempelajari manusia dilihat dari kebudayaan

b. Sosiologi, ilmu yang mempelajari tentang manusia dilihat dari hubungan jiwa antara manusia yang satu dengan yang lainnya

c. Fisiologi, yakni ilmu yang mempelajari fungsi-fungsi organ yang ada pada tubuh manusia

d. Ekonomi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang perekonomian/ pendapatan dan pengeluaran keuangan

e. Politik, yaitu ilmu yang mempelajari manusia dilihat dari perubahan kekuasaan yang berlangsung dalam waktu singkat (tentang siasat).

Hakekat Pendidikan

  1. Proses pendewasaan dari individu yang tidak berdaya menjadi pribadi yang mengenal pengetahuan dasar, norma sosial, nilai agama, dan etika pergaulan.
  2. Bibingan yang sengaja diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa/pendidik kepada anak dalam pertumbuhannya (jasmani dan rohani) agarberguna bagi diri sendiri dan bagi masyarakat.
  3. Tahapan perubahan sikap dan tingkahlaku manusia baik sebagai individu maupun kelompok melalui usaha pengajaran dan pelatihan.
  4. Proses perubahan sikap dan tingkahlaku seorang atau kelompok dalam mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan proses perbuatan mendidik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s