DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN

A. FAKTOR INDIVIDU PELAJAR DILIHAT DARI SEGI PSIKOLOGIS

Semua keadaan dan fungsi psikologi tentu saja berpengaruh terhadap proses belajar yang juga bersifat psikologis itu. Beberapa faktor utama akan dikemukakan dalam makalah ini secara singkat yang antara lain sebagai berikut :

1. Faktor Minat

Seseorang tidak mempunyai minat untuk mempelajari sesuatu tidak dapat diharapkan bahwa dia akan berhasil dengan baik dalam mempelajari hal tersebut ; sebaliknya, kalau seseorang belajar dengan penuh minat, maka dapat diharapkan hasilnya akan lebih baik.

2. Faktor Kecerdasan

Kecerdasan sangat besar peranannya dalam mencapai sesuatu keberhasilan, orang yang lebih cerdas pada umumnya akan lebih mampu belajar dari pada orang yang kurang cerdas.

3. Faktor Bakat

Disamping faktor kecerdasan, faktor bakat juga merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar seseorang. Hampir tidak ada orang membantah bahwa belajar pada bidang yang sesuai dengan bakat memperbesar kemungkinan berhasilnya usaha itu. Akan tetapi banyak sekali hal – hal yang menghalangi untuk terciptanya kondisi yang sangat diinginkan oleh setiap orang itu.

4. Faktor Motivasi

Motivasi adalah kondisi psikologi yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi motivasi untuk belajar adalah kondisi psikologi yang mendorong seseorang untuk belajar. Hasil belajar pada umumnya meningkat jika motivasi untuk belajar bertambah, maka pada umumnya persoalan mengenai kaitan motivasi itu dengan belajar adalah bagaimana mengatur agar motivasi dapat ditingkatkan agar belajar dapat optimal.

Faktor motivasi ini terdiri dari dua macam yaitu :

1. Motivasi Intrinsik.

2. Motivasi Ekstrinsik.

5. Faktor Kemampuan – kemampua Kognitif

Walaupun diakui tujuan pendidikan itu meliputi aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor namun pada umumnya aspek kognitif yang selalu diutamakan bahkan kadang – kadang terdapat praktek – praktek yang menunjukan seakan – akan aspek kognitif sajalah yang berlaku sekarang ini. Maka dari itu kemampuan – kemampuan kognitif akan tetap merupakan faktor – faktor yang penting dalam kegiatan belajar mengajar para siswa atau mahasiswa.

Seperti itulah faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar yang dapat kami kemukakan dalam makalah pada kesempatan kali ini.

B. Ciri–ciri Peserta Didik Dalam Kehidupan Psikologis yang Perlu Dikembangkan Melalui Pendidikan.

1. Identivikasi anak didik dengan orang dewasa atau pendidikannya.

Dengan identivikasi ini mulai timbul pada usia 4 tahun dan mulai sering nampak pada usia puber pemuda (di tingkat sekolah lanjutan) karena pada masa ini jiwa siswa mulai bangun, maka dari itu peranan seorang guru agama sangat penting pada masa – masa perkembangan ini, hal ini untuk mengarahkan perkembangan mereka dan kerjasama pendidik secara terpadu.

2. Ketergantungan anak pada pendidik

Sifat ketergantungan kepada pendidik ini harus diusahakan secara berangsur – angsur dihilangkan dengan cara menumbukan rasa percaya diri sendiri untuk bisa mengatasi masalah yang dihadapinya.

3. Ketertiban peserta didik kepada kewibawaan pendidikan

Kewibawaan adalah kepenurutan dan kepatuhan peserta didik kepada pendidiknya atas dasar kesadaran, hormat dan simpati.

4. Kewibawaan pendidikan

Kewibaan pendidikan sangat diperlukan dalam dunia pendidikan untuk menuntun dan mengarahkan perkembangan rohaninya terutama ke arah pendewasaan secara rohaniah. Jika pendidikan tanpa kewibawaan akan mengganggu proses pendidikan peserta didik.

5. Suri Tauladan

Suri tauladan dari pendidikan memegang peranan yang sangat penting. Sebab itu diusahakan setiap pendidikan menjadi penuntun peserta didiknya.

C. Hal–hal Yang Harus Dilakukan Terhadap Faktor–faktor Utama Psikologis Pendidikan.

1. Minat

Untuk menyalurkan minat para siswa maka perlu adanya pilihan jurusan atau pemilihan bidang studi pada lembaga – lembaga pendidikan.

2. Kecerdasan

Untuk meningkatkan atau mempartahankan suatu kecerdasan diperlukan bantuan – bantuan yang sangat khusus untuk dapat menyelesaikan sekolah dasar.

3. Bakat

Bakat harus didukung dengan adanya biaya untuk mengembangkannya dan harus didukung oleh sarana dan prasarana.

4. Motivasi

Untuk masalah ini ialah kita harus bisa menumbuhkan dan meningkatkan motivasi agar dapat menghasilkan belajar yang optimal.

5. Kemampuan – kemampuan kognitif

Yang harus kita lakukan terhadap faktor ini ialah mengatur faktor ini sehingga mempunyai pengaruh yang dapat membantu tercapainya hasil belajar yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s